Menghitung Biaya Bangun Rumah Murah

Begitu pentingnya arti sebuah bangun rumah hingga semua orang pasti berkeinginan untuk memiliki rumah sendiri baik dengan cara membeli rumah jadi maupun bangun rumah sendiri, yang tentunya dengan biaya bangun rumah murah.

bangun rumah murah 300x160 Menghitung Biaya Bangun Rumah MurahRumah merupakan sebuah kebutuhan primer bagi semua orang. Sebuah rumah, selain menjadi tempat tinggal, juga menjadi tempat berlindung, bersantai melepas lelah, dan aktivitas lainnya bersama keluarga maupun kerabat.

Bagi Anda yang ingin membangun rumah dengan biaya bangun rumah murah  tentunya telah memahami perlunya perhitungan secara matang berapa besaran biaya bangun rumah yang diperlukan. Karena banyak orang yang masih awam bagaimana cara menghitung biaya untuk membangun sebuah rumah.

Tentunya Anda tak ingin menjadi korban arsitek atau bahkan kontraktor bangun rumah “nakal” yang membohongi kita hingga berakibat fatal, alih-alih memperoleh biaya bangun rumah murah, yang terjadi justru membengkaknya biaya bangun rumah untuk hal-hal yang harusnya tidak perlu.

Dalam menghitung biaya bangun rumah pada prakteknya tidak ada sebuah rumusan yang baku untuk menghitung biaya yang harus Anda keluarkan untuk membayar jasa arsitek dan jasa kontraktor bangun rumah Anda, karena sangat tergantung dari kualitas pekerjaan dan pengalaman si arsitek dalam membuat desain rumah dan si kontraktor itu sendiri.

 

Biaya Desain Arsitek (Desain Rumah)

Biaya bangun rumah murah pada awalnya dimulai dari penentuan biaya desain rumah. Pada umumnya biaya desain arsitek atau desain rumah biasanya berkisar antara 2 – 4% dari Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunan rumah. Harga / biaya desain rumah biasanya ditentukan oleh kesepakatan antara pemilik rumah dan arsitek dengan desain rumah yang Anda inginkan sebagai pemilik. Dari kesepakatan yang membahas desain rumah tersebut maka akan diperoleh nilai harga per m2 bangunan, dimana nilai tersebut akan menjadi acuan untuk menentukan fee desain arsitek sebelum RAB final selesai dibuat.

Selain itu, bisa juga harga desain rumah ditentukan berdasarkan harga per m2 yang pada umumnya bila lokasi berada di Jakarta harganya akan berkisar pada 50 ribu – 100 ribu/m2. Apabila ditemukan harga desain rumah yang melebihi itu maka biasanya arsitek tersebut sudah cukup mempunyai nama, pengalaman dan terbiasa mengerjakan proyek-proyek besar yang bernilai hingga miliaran rupiah.

 

Biaya Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)

Biaya yang harus dikeluarkan untuk Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) merupakan hal agak sulit ditentukan, karena biasanya tergantung negosiasi Anda kepada pejabat di dinas bangunan setempat di wilayah di mana Anda berada.Tapi pada umumnya biaya yang biasa dikenakan adalah Rp 25 ribu/m2.

 

Biaya Jasa Kontraktor (Biaya Bangun Rumah Murah)

Untuk biaya jasa kontraktor, ada tiga sistem pembayaran yang biasanya dilakukan, yaitu:

Sistem COST AND FEE

Besarnya harga kontraktor bangun rumah didasarkan pada persentase keseluruhan estimasi biaya yang harus dikeluarkan oleh pemilik rumah yang umumnya berkisar antara 10 – 15%. Kelemahan dari sistem ini adalah adanya potensi merugikan sang pemilik rumah yang akan terjadi bila pihak kontraktor yang mengerjakan rumah Anda “nakal”, dengan mengulur-ulur waktu pengerjaan rumah. Hal tersebut berakibat pada membengkaknya biaya pembangunan rumah Anda dan secara otomatis biaya untuk membayar jasa kontraktor pun ikut membengkak.

Sistem FIXED COST AND FEE

Sistem ini hampir sama dengan sistem pertama, perbedaannya adalah fee jasa bangun rumah yang akan diterima pihak kontraktor sudah ditentukan di awal, sehingga berapa lama pun pekerjaan bangun rumah Anda, biaya bangun rumah yang harus Anda keluarkan untuk membayar fee kontraktor sama saja. Biaya bangun rumah murah akan dapat dicapai bila dapat dilakukan negosiasi yang saling menguntungkan khususnya terkait fee kontraktor.

Sistem BORONGAN ATAU LUMPSUM

Sistem ini biasanya diambil oleh pemilik rumah yang tak ingin repot dengan urusan keuangan proyek. Pembayaran biaya bangun rumah dilakukan sekaligus apabila rumahnya sudah siap untuk dihuni (serah terima kunci). Untuk memperoleh biaya bangun rumah murah, anda harus pandai-pandai menghitung kebutuhan biaya bangun rumah yang sebenarnya dan di”compare” dengan tawaran harga dari kontraktor bangun rumah.

 

Ilustrasi Perhitungan Biaya Bangun Rumah Murah

Misalkan, Anda memiliki luas tanah 100 m2, dan luas bangunan yang akan Anda bangun 60 m2. Design yang Anda inginkan adalah 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, garasi, dan 1 kamar pembantu.

Selanjutnya, kita asumsikan saja biaya jasa arsitek Rp 100 ribu/m2, biaya IMB 25 ribu/m2, biaya bangunan 2,3 juta/m2, sehingga total dana yang harus dikeluarkan adalah sebesar Rp. 159,3 juta.

Rincian perhitungan total biaya bangun rumah adalah sebagai berikut:

  • Jasa arsitek Rp. 100 ribu/m2 x 60 m2 = Rp. 6 juta.
  • IMB Rp. 25 ribu/m2 x 60 m2 = Rp. 1,5 juta.
  • Jasa kontraktor Rp. 10% x 60 m2 x 2,3 juta/m2 = Rp. 13,8 juta.
  • Biaya bangun rumah Rp. 2,3 juta/m2 x 60 m2 = Rp.138 juta.
  • Total biaya yang harus Anda keluarkan adalah sebesar Rp. 159, 3 juta.

Dengan hitungan seperti tersebut di atas, penulis berharap bisa membantu Anda dalam menyesuaikan dan merealisasikankan biaya bangun rumah murah yang akan Anda keluarkan dengan kebutuhan rumah yang akan Anda bangun.

 

Bangun Rumah Elegan | Jasa kontraktor bangun rumah, renovasi dan desain arsitek

Keyword pencarian: biaya bangun rumah murah, biaya bangun rumah, bangun rumah, kontraktor bangun rumah

Incoming search terms:

 Menghitung Biaya Bangun Rumah Murah Category: Product #: Regular price:$ (Sale ends ) Available from: Condition: Good ! Order now!
Reviewed by on. Rating:
Posted in Blog, Tips | Tagged , , , , , , , , , , , , | Comments Off
Ver peliculas online