Desain Rumah Ideal | Tips Ampuh Menghemat Biaya Bangun Rumah 2

Pada artikel sebelumnya telah dibahas tips membuat perencanaan anggaran biaya (RAB bangun rumah) sebagai upaya memperoleh bangun rumah tinggal dengan biaya hemat dan murah namun tidak berkesan murahan dan kali ini akan dilanjutkan dengan bahasan mengenai desain rumah ideal . Bila Anda belum membacanya, kami sarankan Anda untuk membacanya pada artikel berjudul: Tips Ampuh Menghemat Biaya Bangun Rumah 1.

Berikut ini, tips menghemat biaya bangun rumah selanjutnya, yaitu;

 Tips Hemat Biaya Bangun Rumah 2 : Desain Rumah Ideal

Ukuran (Luasan) Bangun Rumah Ideal

desain rumah 150x150 Desain Rumah Ideal | Tips Ampuh Menghemat Biaya Bangun Rumah 2Sebelum menentukan seperti apa rumah yang akan dibuat, sebaiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu berapa ukuran (luas) rumah yang akan dibangun yang disesuaikan dengan ketersediaan dana.

Sebagai contoh, misalkan Anda memiliki dana sebesar Rp. 300 juta yang akan dialokasikan sebagai biaya pembangunan bangunan utama (lihat artikel sebelumnya: Tips Ampuh Menghemat Biaya Bangun Rumah 1). Kemudian Anda cari tahu berapa perkiraan harga / biaya bangun rumah yang umumnya berlaku di kota Anda saat ini. Anda dapat mencoba mencari referensi dari rekan-rekan Anda yang telah membangun rumah sebelumnya atau mencari melalui internet. Sebagai informasi, pada periode pertengahan akhir tahun 2012, rata-rata biaya bangun rumah per meter persegi dengan spesifikasi material standar (kelas menengah) adalah Rp. 2,5 juta/m2, maka akan diperoleh perkiraan luas bangunan yang akan dibuat adalah sebesar Rp.300 juta dibagi Rp. 2,5 juta/m2 = 120 m2. Dengan demikian dengan dana sebesar Rp. 300 juta, Anda dapat membuat bangun rumah seluas 120 m2.

Desain Rumah Ideal

Selanjutnya Anda dapat memperkirakan gaya bangunan dan desain rumah ideal seperti apa yang diinginkan, misalkan gaya minimalis modern, klasik, atau mediteranian. Anda dapat mencari referensi gaya dan desain rumah ideal melalui internet, majalah atau langsung mendiskusikannya dengan arsitek, dan sekaligus cari tahu kelebihan maupun kekurangan dari aneka macam gaya rumah tersebut.

Setelah diperoleh ukuran (luasan) bangun rumah serta desain rumah ideal yang Anda inginkan, selanjutnya anda dapat menghubungi arsitek untuk membuatkan desain rumah yang Anda inginkan. Atau bila perlu anda dapat sekalian menggunakan jasa kontraktor bangun rumah yang umumnya juga menyediakan jasa desain rumah sebagai salah satu layanannya. Salah satu keuntungan menggunakan jasa kontraktor bangun rumah adalah biasanya biaya desain rumah akan digratiskan (free) bila pekerjaan bangun rumah dikerjakan juga oleh kontraktor bangun rumah yang sama.

Untuk biaya desain rumah sendiri (lihat artikel: Menghitung Biaya Bangun Rumah Murah) pada umumnya berkisar antara 2 – 4% dari Rencana Anggaran Biaya (RAB) bangun rumah yang berarti untuk alokasi anggaran sebesar Rp. 300 juta akan diperoleh harga / biaya desain rumah sebesar Rp.6juta – Rp. 8 juta. Selain itu, bisa juga harga desain rumah ditentukan berdasarkan harga per m2 yang pada umumnya bila lokasi berada di Jakarta harganya akan berkisar rata-rata pada Rp. 50 ribu – Rp. 100 ribu/m2, hingga akan didapat biaya desain rumah sebesar Rp. 6 juta – Rp. 12 juta.

Silahkan Anda pilih dari kedua cara perhitungan biaya desain rumah di atas dan sesuaikan dengan keinginan Anda. Sedangkan alokasi biaya desain rumah ideal telah dianggarkan pada alokasi 10% anggaran biaya awal, sehingga tidak mengganggu alokasi untuk biaya bangun rumah lainnya.

Tips selanjutnya adalah “Tips Memilih Material Bangun Rumah”, silahkan menuju artikel: Tips Ampuh Menghemat Biaya Bangun Rumah 3.

 

Bangun Rumah Elegan | Jasa kontraktor bangun rumah, renovasi dan desain arsitek

 Keyword pencarian: bangun rumah, biaya bangun rumah

Incoming search terms:

Posted in Blog, Tips | Tagged , , , , , , , , | Comments Off
Ver peliculas online