Tips Renovasi Rumah, Memulai Merenovasi Rumah

Suatu ketika pernah ada seorang klien tim bangun rumah elegan menanyakan beberapa hal terkait rencana renovasi rumah, biaya renovasi rumah , dan sekaligus meminta saran serta tips renovasi rumah tinggal yang ingin dilakukannya. Beliau mengaku bahwa sebenarnya sudah lama memutuskan untuk merenovasi rumah tinggalnya, namun menurut beliau susah sekali untuk memulainya dan tidak tahu harus mulai dari mana. Bahkan beliau sempat khawatir jangan-jangan setelah direnovasi rumahnya malah akan jadi tidak karuan, tidak seindah dan senyaman rumah yang sebelumnya yang selama ini ditempati.

Tips Renovasi Rumah

Terinspirasi dari percakapan tersebut, berikut ini kami coba sampaikan beberapa panduan ringan dan tips renovasi rumah serta penghematan biaya renovasi rumah tinggal yang kami harapkan dapat berguna;

Renovasi rumah yang bersifat pengembangan jangan lebih dari 50 persen

renovasi rumah Tips Renovasi Rumah, Memulai Merenovasi RumahMerenovasi rumah bukan berarti mengganti seluruh bangunan. Ada faktor-faktor eksisting dari bangunan lama yang harus dipertimbangkan. Salah satu contohnya adalah konsep awal rumah Anda. Tips renovasi rumah jika ingin melakukan pengembangan; sebaiknya jangan menyimpang dari konsep awal rumah sebelumnya agar tercipta suatu keserasian antara bagian bangunan lama dengan bangunan hasil pengembangan. Coba eksplorasi semua kemungkinan yang ada, sesuaikan dengan anggaran biaya renovasi rumah yang anda tetapkan. Selain itu, sebaiknya pengembangan bangunan tidak lebih dari 50 persen bangunan awal, demi upaya menjaga keserasian tersebut.

Pertahankan struktur lama

Tips renovasi rumah terkait struktur bangunan; sedapat mungkin pertahankan struktur yang lama, karena mengubah struktur rumah yang lama tinggal pasti membutuhkan usaha lebih, dalam arti membutuhkan perhitungan sendiri serta resiko pembengkakan biaya renovasi rumah. Jika penambahan struktur baru memang sangat diperlukan, percayakan kepada ahli struktur atau kontraktor renovasi rumah yang Anda percayai untuk penghitungannya.

Material daur ulang, menghemat biaya renovasi rumah

Pada prinsipnya, merenovasi rumah adalah memperbaiki dan meningkatkan kualitas ruang dan rumah secara keseluruhan. Jadi, bukan berarti Anda harus mengganti total semua material lama di rumah Anda. Tips renovasi rumah terkait penghematan biaya renovasi; material bangunan lama bisa jadi masih dapat digunakan bahkan makin menambah nilai rumah tinggal Anda. Tinggal bagaimana Anda dapat dengan jeli dan kreatif mengolahnya. Dengan menggunakan material daur ulang, selain ramah lingkungan, Anda pun bisa menghemat biaya renovasi rumah kesayangan Anda.

Instalasi kelistrikan

Merenovasi rumah pasti akan mempengaruhi penambahan kebutuhan listrik dan juga berimbas pada kenaikan biaya renovasi rumah. Oleh karena itu, perhitungkan lagi kebutuhan listrik Anda serta berapa jumlah yang harus ditambahkan. Jika pekerjaan renovasi yang Anda lakukan sampai mengubah desain layout atau zona ruangan, berarti pengelompokkan listrik yang telah dilakukan sebelumnya tidak akan sesuai lagi dan harus dibuat pengelompokkan baru sesuai kebutuhan. Tips renovasi rumah terkait kelistrikan; bila rumah yang direnovasi telah berusia cukup lama, sebaiknya Anda membuat instalasi listrik yang baru, ketidakberesan instalasi yang sudah berusia tua dapat menyebabkan borosnya tagihan listrik Anda dan selain itu juga rentan kebakaran.

Instalasi pemipaan

Sebelum melakukan renovasi sebaiknya Anda mememeriksa bahkan bila mungkin memetakan ulang  saluran pipa yang lama. Periksa apakah masih berfungsi atau terdapat kebocoran sehingga perlu diganti. Untuk membuat saluran pipa baru, pertimbangkan letak pipa lama. Lalu mintalah saran dari arsitek atau kontraktor renovasi rumah yang Anda percayai untuk merencanakan ulang jalur pipa baru.

Ruang terbuka hijau (RTH) 40 persen

Merenovasi rumah bukan berarti memperbolehkan Anda untuk membuat bangunan seluas-luasnya. Mengacu pada keseimbangan lingkungan hidup, sebaiknya sisakan minimal  40% lahan yang tidak terbangun untuk lahan terbuka hijau. Di lahan tersebut, Anda bisa membuat taman atau apotek hidup. Buat pula sumur resapan di area terbuka ini agar air hujan bisa dengan mudah diserap langsung menuju tanah.

Bila dana minim, lakukan renovasi rumah secara bertahap

Usah khawatir bila dana yang Anda miliki untuk biaya renovasi rumah Anda terbatas. Anda masih bisa merenovasi rumah Anda dengan melakukan penyesuaian antara anggaran dan desain. Tips renovasi rumah dengan dana terbatas; lakukan rencana renovasi Anda secara bertahap. Caranya dengan membuat prioritas ruang-ruang yang hendak direnovasi terlebih dahulu. Dengan begitu kebutuhan dan keinginan Anda untuk merenovasi akan dapat tercapai sesuai anggaran yang ada.

Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) renovasi rumah

Seperti halnya pekerjaan bangun rumah, pekerjaan renovasi rumah juga memerlukan surat Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) Renovasi. Apalagi jika renovasi yang dilakukan sudah sampai harus merubah layout atau fasad rumah maka memiliki IMB adalah wajib. Syarat-syarat dan pengurusannya tidak jauh berbeda dengan syarat maupun pengurusan IMB bangun rumah baru. Anda tinggal menyerahkan kelengkapan dokumen seperti denah sebelum dan sesudah renovasi.

Demikian beberapa tips renovasi rumah yang dapat kami sampaikan, semoga berguna.

 

Ingin bangun rumah atau renovasi rumah hemat sambil tidur nyenyak? Baca artikel dari Team Bangun Rumah Elegan ini; Jasa Bangun Rumah, atau ini; Jasa Renovasi Rumah.

Keyword pencarian: renovasi rumah, biaya renovasi rumah, kontraktor renovasi rumah

Incoming search terms:

 Tips Renovasi Rumah, Memulai Merenovasi Rumah Category: Product #: Regular price:$ (Sale ends ) Available from: Condition: Good ! Order now!
Reviewed by on. Rating:
Posted in Blog, Tips | Tagged , , | Comments Off
Ver peliculas online